Abon Salmon (鮭のほぐし身)

Cara buatnya gampaang banget plus tahan lama. Enak untuk isian onigiri atau ditaburi di atas nasi bento. Biasanya kalo salmon lagi murah langsung borong trus di stok bisa tahan 2 minggu.

Bahan:

  1. Salmon (fillet)                           4 potong (400 g)
  2. Shoyu/ Kecap asin jepang       1-2 sdm (tergantung pakai salmon asin atau segar)
  3. Kaldu kombu bubuk                1 sdt (kalo ada)
  4. Wijen                                         1 sdm
  5. Air                                              100 ml (setengah gelas)

Cara Membuat:

  1. Di panci, campur air, shoyu, kaldu kombu bubuk lalu masukkan potongan salmon.
  2. Aduk-aduk sesekali, masak sampai air habis dan daging salmon hancur ( kalo ada sambil buang duri dan kulitnya)
  3. Taburi dengan biji wijen.
  4. Setelah dingin simpan di wadah tertutup

Note:

  1. Praktis kalo pakai salmon fillet yang udah ngga ada kulit dan durinya (hihi.. tapi rada mahal). Pakai salmon yang udah digarami  dan biasanya sering murah itu pun tetap enak rasanya. ^_^
  2. Biasanya bikin ini disambi nyuci piring atau masak yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s